Sabtu, 07 Mei 2011

Masjid Biru Paling Utara Bulatan Bumi

Blue Mosque
Di kota St. Petersburg, Rusia, sebuah masjid berdiri megah. Masjid ini dinamakan Central Mosque. Namun, ada juga yang menyebut Blue Mosque (Masjid Biru), merujuk pada dominasi warna ornamennya.

Apa yang istemewa dari Central Mosque atau Masjid Biru ini? Salah satunya, karena masjid ini adalah yang terbesar di eropa. Letaknya juga paling utara bulatan bumi, atau sangat dekat dengan Kurub Utara.
Masjid yang memiliki menara setinggi 48 meter dengan kubahnya 39 meter di bangun pada 1910. Saat di bangun, muslim Rusia baru 8.000 orang, sementara masjid ini mampu menampung 5.000 jemaah.
Di dalam masjid yang penuh dengan ornament biru, sesuai warna khas St. Petersburg, jamaah dipisahkan. Perempuan di lantai pertama, yang laki-laki di lantai dasar.
Sebelum di bangun, dibentuk terlebih dahulu panitia khusus pada 1096, yang diketuai Ahun Ataulla Bayazitov. Panitia ini mengumpulkan dana 750.000 ruble. Namun, penyumbang terbesar adalah Said Abdoul Ahad Amir Buharskiy. Dialah yang membiayai semua pengeluaran untuk para pekerja pembangunan masjid. Kaisar Nicholas II yang mengeluarkan izin pembelian tanah dan pembangunan Masjid Biru ini.
Saat pecah Perang Dunia I (1940-1956), Masjid Biru dtutup dan dijadikan gudang. Fungsinya dikembalikan oleh komunitas muslim St. Petersburg pada 1956. Perbaiakn besar-besaran dilakukan pada tahun 1980.(www.majalahdzikir.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar